SMP NEGERI 1 KENDARI RAIH JUARA DALAM LOMBA MENULIS SINOPSIS CERITA - .

TERKINI

Kamis, 26 September 2019

SMP NEGERI 1 KENDARI RAIH JUARA DALAM LOMBA MENULIS SINOPSIS CERITA



Prestasi membanggakan kembali diraih SMP Negeri 1 Kendari. Kali ini, Ratih Indriyanti dan Wa Ode Nurjannah Qalbi, berhasil meraih juara pertama dan kedua dalam lomba “Menulis Sinopsis Cerita” tingkat SMP se-Kota Kendari. Sementara itu, juara ketiga diraih SMP Negeri 5 Kendari.

Lomba yang digelar pada Sabtu, 21 September 2019 tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Gerakan Kendari Mengajar dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2019.

Lomba berlangsung dalam waktu dua jam. Tiga puluh menit pertama, peserta diminta membaca cerita yang telah disiapkan panitia. Kemudian, sembilan puluh menit berikutnya, peserta disilakan membuat sinopsis berdasarkan cerita yang telah dibaca.

Lomba yang dilaksanakan pada salah satu ruang membaca di Perpustakaan Provinsi Sultra ini diikuti oleh 22 peserta dari sebelas SMP se-Kota Kendari, yaitu SMP Negeri 1 Kendari, SMP Negeri 4 Kendari, SMP Negeri 5 Kendari, SMP Negeri 9 Kendari, SMP Negeri 10 Kendari, SMP Negeri 17 Kendari, SMP Swasta Kingdom Academy, SMP IT Al Qalam, MTs Negeri 1 Kendari, MTs Madani, dan MTs Ummu Sabri.

Menurut panitia, ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba tersebut, di antaranya adalah kesesuaian isi cerita dengan sinopsis yang dibuat, kepaduan antarparagraf, dan ketepatan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia.  

Saat penyerahan hadiah, Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, berpesan kepada para siswa agar rajin membaca dan mau mengunjungi perpustakaan. “Perpustakaan menyediakan banyak buku, mulai dari buku cerita sampai buku pelajaran. Di sini juga nyaman dan bisa untuk belajar bersama,” ungkapnya dengan penuh semangat di halaman depan perpustakaan.

Selain lomba “Menulis Sinopsis Cerita”, diselenggarakan pula lomba lain untuk tingkat SD, yaitu lomba Mewarnai, lomba Rangking 1, dan lomba Bercerita. Para peserta, orang tua siswa, guru pendamping, maupun suporter, hadir sejak pagi hingga pukul dua belas siang. Selain itu, panitia menyediakan berbagai permainan tradisional yang bebas dimainkan para pengunjung, membuat perpustakaan hari itu sangat ramai dan tampak semarak.